RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. 1
Satuan Pendidikan : MAN 1 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Pertemuan Ke- : 1 dan 2
Materi Pokok :
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Menyimak.
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
B. Kompetensi dasar :
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat.
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
C. Indikator :
Siswa mampu:
• Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dengan tepat.
• Membaca bahan istima’ dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
• Memahami makna paparan atau percakapan dengan baik dan benar.
• Menjawab pertanyaan-pertanyaan/latihan tentang pemahaman yang berbentuk objektif mengenai kandungan bahan istima’ dengan baik dan benar.
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan pembelajaran siswa dapat memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog dengan baik dan benar.
E. Metode :
Metode Langsung, Metode Aural-Oral Approach, dan Metode Membaca.
F. Pendekatan :
Aural-oral, komunikatif dan humanistik.
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan I
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
Apersepsi
Menyampaikan SK, KD yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti
Menyimak materi istima’
Siswa membaca materi istima’ secara bersama-sama
Siswa membaca materi istima’ secara berpasangan/berkelompok
3. Kegiatan Akhir
Pemberian tugas
Kesimpulan, penutupan dan do’a
Pertemuan II
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
Apersepsi
Menyampaikan SK, KD yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti
Mempraktekkan paparan atau percakapan istima’
Memahami makna paparan atau percakapan
Mengungkapkan ide atau inti sari materi.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
Membuat rangkuman materi
Kesimpulan, tugas, penutupan dan do’a
H. Alat dan Sumber Pembelajaran :
Alat : Kurikulum 200 (KTSP), alat peraga
Sumber : Buku Paket Terampil Bahasa Arab 1 Kelas X, Kamus, dan referensi lain
I. Evaluasi/Penilaian :
Uji Kompetensi : Tes lisan (bacaan dan hafalan), Tes tertulis.
Fortopolio :
o Produk, melalui bacaan dan hafalan kosakata
o Penugasan terstruktur (PR)
o Perilaku-perilaku harian (sikap)
Kendari, Januari 200
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala MAN 1 Kendari
Ma’sud Ahmad, S.Pd, M.Pd Moh. safrudin, S.Ag, M.PdI
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. 2
Satuan Pendidikan : MAN 1 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Pertemuan Ke- : 3 dan 4
Materi Pokok :
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi :
2. Berbicara.
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog
B. Kompetensi dasar :
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang benar.
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
C. Indikator :
Siswa mampu:
• Memahami makna cerita atau percakapan dengan baik dan benar.
• Membaca bahan hiwar dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
• Melakukan dialog dengan bahan hiwar dengan baik dan benar.
• Menjawab pertanyaan-pertanyaan/latihan tentang pemahaman yang berbentuk objektif mengenai kandungan bahan hiwar dengan baik dan benar.
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan pembelajaran siswa dapat mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog dengan baik dan benar.
E. Metode :
Metode Langsung, Metode Aural-Oral Approach.
F. Pendekatan :
Aural-oral, komunikatif dan humanistik.
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan III
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
Apersepsi
Menyampaikan SK, KD yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti
Menyimak materi hiwar
Memahami isi atau jalan cerita percakapan
Membaca materi hiwar bersama-sama
3. Kegiatan Akhir
Pemberian tugas
Kesimpulan, penutupan dan do’a
Pertemuan IV
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
Apersepsi
Menyampaikan SK, KD yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti
Melakukan dialog dengan bahan hiwar
Mengerjakan latihan
3. Kegiatan Akhir
Kesimpulan, pemberian tugas
Penutupan
H. Alat dan Sumber Pembelajaran :
Alat : Kurikulum 2006 (KTSP), alat peraga
Sumber : Buku Paket Terampil Bahasa Arab 1 Kelas X, Kamus, dan referensi lain
I. Evaluasi/Penilaian :
Uji Kompetensi : Tes lisan (bacaan dan hafalan), Tes tertulis.
Fortopolio :
o Produk, melalui bacaan dan hafalan kosakata
o Penugasan terstruktur (PR)
o Perilaku-perilaku harian (sikap)
Kendari, Januari 200
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala MAN 1 Kendari
Ma’sud Ahmad, S.Pd, M.Pd Moh. safrudin, S.Ag, M.PdI
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. 3
Satuan Pendidikan : MAN 1 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Pertemuan Ke- : 5 dan 6
Materi Pokok :
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi :
3. Membaca.
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog
B. Kompetensi dasar :
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar.
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar.
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat.
C. Indikator :
Siswa mampu:
• Membaca bahan wacana tulis dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
• Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat.
• Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat.
• Menjawab pertanyaan-pertanyaan/latihan tentang kandungan wacana tulis yang menggunakan struktur kalimat
dengan baik dan benar.
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan pembelajaran siswa dapat membaca wacana tulis berbentuk paparan atau dialog dengan baik dan benar.
E. Metode :
Metode Langsung, Metode Aural-Oral Approach, dan Metode Membaca.
F. Pendekatan :
Aural-oral, komunikatif dan humanistik.
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan V
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
Apersepsi
Menyampaikan SK, KD yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti
Menyimak materi bacaan
Siswa membaca materi bacaan’ secara bersama-sama
Siswa membaca materi bacaan secara individu
3. Kegiatan Akhir
Pemberian tugas
Kesimpulan, penutupan dan do’a
Pertemuan VI
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
Apersepsi
Menyampaikan SK, KD yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti
Memahami makna paparan atau percakapan
Mengerjakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
Membuat rangkuman materi
Kesimpulan, tugas, penutupan dan do’a
H. Alat dan Sumber Pembelajaran :
Alat : Kurikulum 2006 (KTSP), alat peraga
Sumber : Buku Paket Terampil Bahasa Arab 1 Kelas X, Kamus, dan referensi lain
I. Evaluasi/Penilaian :
Uji Kompetensi : Tes lisan (bacaan dan hafalan), Tes tertulis.
Fortopolio :
o Produk, melalui bacaan dan hafalan kosakata
o Penugasan terstruktur (PR)
o Perilaku-perilaku harian (sikap)
Kendari, Januari 200
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala MAN 1 Kendari
Ma’sud Ahmad, S.Pd, M.Pd Moh. safrudin, S.Ag, M.PdI
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. 4
Satuan Pendidikan : MAN 1 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Pertemuan Ke- : 7 dan 8
Materi Pokok :
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi :
4. Menulis.
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang pekerjaan
B. Kompetensi dasar :
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar.
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar.
C. Indikator :
Siswa mampu:
• Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.
• Menjawab pertanyaan-pertanyaan/latihan tentang kandungan wacana tulis yang menggunakan struktur kalimat
dengan baik dan benar.
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan pembelajaran siswa dapat mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog dengan baik dan benar.
E. Metode :
Metode Langsung.
F. Pendekatan :
Komunikatif dan humanistik.
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan VII
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
Apersepsi
Menyampaikan SK, KD yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti
Menjelaskan materi struktur kalimat
Siswa menyimak penjelasan materi struktur kalimat
Siswa menulis dengan huruf, ejaan dan tanda baca
3. Kegiatan Akhir
Pemberian tugas
Kesimpulan, penutupan dan do’a
Pertemuan VIII
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
Apersepsi
Menyampaikan SK, KD yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti
Mengerjakan latihan
Mengungkapkan ide atau inti sari materi.
3. Kegiatan Akhir
Membuat rangkuman materi
Kesimpulan, tugas, penutupan dan do’a
H. Alat dan Sumber Pembelajaran :
Alat : Kurikulum 2006 (KTSP), alat peraga
Sumber : Buku Paket Terampil Bahasa Arab 1 Kelas X, Kamus dan referensi lain
I. Evaluasi/Penilaian :
Uji Kompetensi : Tes tertulis.
Fortopolio :
o Penugasan terstruktur (PR)
o Perilaku-perilaku harian (sikap)
Kendari, Januari 200
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala MAN 1 Kendari
Ma’sud Ahmad, S.Pd, M.Pd Moh. safrudin, S.Ag, M.PdI
NIP. NIP.
Senin, 15 Februari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar