Kamis, 22 Juli 2010

shalat sunat sya'ban

1. BULAN SYA’BAN

Bulan Sya’ban adalah bulan yang banyak fadilahnya dan di dalamnya ada beberapa macam shalat sunat diantaranya :

A. Awal hari dari bulan Sya’ban

Dalam riwayat Anas ra. bahwa shalat awal hari dari bulan Sya’ban adalah dua raka’at dan setiap raka’at membaca Al-fatihah 1 kali ayat qursii 10 kali dan وشهدالله ……الاية Maka Allah akan memberikan dalam sorga kepadanya sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata, tidak bisa didengar oleh telinga dan tidak pernah tersirat dalam hati seseorang dan Allah akan menjaga dari keburukan dunia dan melapangkan rizkinya dan akan merasa aman dari kegoncangan yang sangat dahsyat.

Niat shalatnya :

اُصَلِّى سُنَّةَ الْمُطْلَقِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ للهِ تَعَالَى أَللهُ أَكْبَرُ

“ Niat aku shalat sunat Mutlak dua raka’at sambil menghadap kiblat Allahu Akbar “.

B. Malam nisfu sya’ban (shalat khoir)

Pada malam nisfu sya’ban (pertengahan bulan) para ulama biasa melaksanakn shalat 10 raka’at atau ada yang 100 raka’at dan mereka menyebutnya dengan shalat khoir, seperti yang diriwayatkan oleh mujahid yang berbunyi :

عَنْ مُجَاهِدْ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا يُقْرَأُ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ مِنْهَا الْفَاتِحَةَ مَرَّةً وَاْلإِخْلاَصَ عَشْرَ مَرَّاتٍ كُلُّ رَكْعَتَيْنِ بِتَسْلِيْمَةٍ

“ Dari Mujahid diriwayatkan dari Ibnu Abas ra. bahwa shalat nisfu sya’ban adalah 100 raka’at dan setiap raka’at setelah fatihah membaca Al-ikhlas 10 kali dan setiap dua raka’at satu salam “.

وَفِى رِوَايَةِ اَنَسٍ t عَشْرُ رَكَعَاتٍ يُقْرَأُ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ اَلْفَاتِحَةَ مَرَّةً وَاْلإِخْلاَصَ مِائَةَ مَرَّةٍ وَالسَّلَفُ يُسَمُّوْنَ هَذِهِ الصَّلاَةَ صَلاَةَ الْخَيْرِ وَيَجْتَمِعُوْنَ فِيْهَا وَرُبَّمَا يُصَلُّوْنَهَا بِجَمَاعَةٍ

“ Dan menurut riwayat Anas ra. adalah 10 raka’at dengan membaca setelah fatihah surat Al-ikhlas 100 kali dan ulama salaf menyebutnya shalat khoir mereka berkumpul dan terkadang mereka melaksanakannya dengan berjama’ah”.

وَفِى رِوَايَةِ طَاوُسِ عَنْ وَاثِلَةَ بْنِ اَلأَسْقَعِ أَرْبَعُ رَكَعَاتٍ بَعْدَ الْغُسْلِ وَالنَّظَافَةِ يُقْرَأُ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ اَلْفَاتِحَةَ مَرَّةً وَاْلإِخْلاَصَ خَمْسًا وَعِشْرِيْنَ مَرَّةً

“ Dan menurut riwayat Thowus dari Wasilah bin Asqo adalah empat raka’at setelah mandi dan bersuci dan membaca setiap raka’at Al-Fatihah satu kali dan Al-ikhlas 25 kali “.

Niatnya :

اُصَلِّى سُنَّةَ الْخَيْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ للهِ تَعَالَى أَللهُ أَكْبَرُ

“ Niat aku shalat sunat Khoir dua raka’at sambil menghadap kiblat Allahu Akbar “.

C. Malam 27 bulan Sya’ban

Shalat pada malam itu adalah 4 raka’at dan setiap raka’at membaca Al-fatihah ditambah Az-Zalzalah 1 kali dan Al-ikhlas 25 kali dan setelah selesai kemudian sujud dan membaca Al-fatihah 7 kali, Al-Ikhlas satu kali, Falaq binas 1 kali kemudian istigfar 100 kali, shalawat 100 kali dan haoqolah 100 kali

اُصَلِّى سُنَّةَ الْمُطْلَقِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ للهِ تَعَالَى أَللهُ أَكْبَرُ

“ Niat aku shalat sunat Mutlak dua raka’at sambil menghadap kiblat Allahu Akbar “.

1 komentar:

  1. قال النووي رحمه الله في "المجموع" (3/548) :

    " الصلاة المعروفة بصلاة الرغائب , وهي ثنتا عشرة ركعة تصلى بين المغرب والعشاء ليلة أول جمعة في رجب , وصلاة ليلة نصف شعبان مائة ركعة وهاتان الصلاتان بدعتان ومنكران قبيحتان ولا يغتر بذكرهما في كتاب قوت القلوب , وإحياء علوم الدين , ولا بالحديث المذكور فيهما فإن كل ذلك باطل ، ولا يغتر ببعض من اشتبه عليه حكمهما من الأئمة فصنف ورقات في استحبابهما فإنه غالط في ذلك , وقد صنف الشيخ الإمام أبو محمد عبد الرحمن بن إسماعيل المقدسي كتابا نفيسا في إبطالهما فأحسن فيه وأجاد رحمه الله "

    BalasHapus