Jumat, 02 April 2010

LIMA F YANG HARUS DI WASPADAI

Assalamu'alaikum Wrwb

Dalam sebuah hadis Qudsi, Allah berfirman: ”Kesombongan itu pakaian-Ku, dan kebanggaan itu sarung-Ku. Siapa yang melepas salah satu pakaian_Ku, akan Kulemparkan ia ke neraka jahanam.”

Jadi janganlah kita suka membanggakan diri bila mempunyai anak pintar misalnya, tapi lebih tepat bila kita bersyukur...

Agar kita sukses dunia akhirat, jadikanlah Nabi Muhammad sebagai suri tauladan. Rasulullah sangat mencintai majlis ta’lim dan ilmu, sampai-sampai dalam sebuah hadis beliau bersabda: ”Menuntut ilmu itu wajib.” Berarti menghadiri majlis ta’lim termasuk melaksanakan sunnah Rasul.

Jaman sebelum Muhammad menjadi rasul adalah jama jahiliyah. Disebut jahiliyah karena masyarakatnya banyak yang berbuat maksiat, di mana setiap bayi perempuan lahir dibunuh. Namun sebenarnya jaman sekarang juga lebih jahiliyah lagi, bayangkan belum lahir pun kadang sudah ”dibunuh” alias digugurkan, tak peduli calon bayi itu laki atau perempuan. Masya Allah, naudzubillah mindzalik...

Di jaman sekarang, ada 5 F yang perlu diwaspadai, karena banyak akhlak generasi muslim rusak karenanya yaitu:

1. Facebook
Facebook adalah salah satu teknologi, teknologi bagaikan pisau bermata dua, yang bisa jadi bermanfaat atau justru membawa mudharat, tergantung bagaimana kita menyiasatinya. Banyak kasus bermula dari facebook. Namun itu juga bukan berarti facebook hanya membawa kemudharatan, karena facebook bisa juga kita gunakan sebagai ajang silaturahim dan dakwah. Yang penting gunakan AKAL dan IMAN sebagai ”rem”-nya. Bayangkan seandainya kita diberi mobil mewah tapi tak ada rem-nya...

2. Fashion
Betapa jaman modern banyak menyuguhkan aneka busana yang merusak aqidah islam, seperti pakaian-pakaian ”bupati” (buka paha tinggi-tinggi)

3. Food
Sering kita dapati sekelompok orang membagi2 makanan gratis namun dengan tujuan mengajak pindah aqidah. Ada juga dengan menyebarkan makanan yang mngandung zat haram, seperti ”beer-zero” tetapi apakah benar demikian? Dalam hal-hal seperti ini MUI harus tegas: setiap makanan produk islami haruslah ada label HALAL. Karena itu berhati-hatilah terhadap makanan dan minuman yang beredar di pasaran, teliti sebelum membeli.

4. Foto
Begitu banyaknya foto beredar dalam bentuk poster, majalah, maupun gambar-gambar di internet yang dapat merusak pikiran dan akhlak kaum muslimin. Terkadang aqidah muslim pun dirusak, adanya gambar karikatur Nabi Muhammad SAW di sebuah majalah beberapa waktu lalu. Maka, jagalah terutama generasi muda kita dari pengaruh-pengaruh negatif tersebut dengan memberi mereka pendidikan akhlak yang terbaik.

5. Film
Sudah jelas kita harus mampu mem-filter diri dan keluarga dari pengaruh buruk film-film yang diputar baik di bioskop maupun VCD yang dijual bebas.


Kesimpulannya, kita perlu membentengi akidah di Era Globalisasi dan informasi ini, antara lain dengan:
1. Menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan kita.
2. Menggunakan AKAL dan IMAN. Kedua komponen tidak bisa dan tidak boleh dipisahkan (IPTEK Islam Paham Teknologi & IPTAQ), terutama dalam menghadapi 5 F :Facebook, Fashion, Food, Foto & Film.

Demikian semoga ringkasan tausiyah Koko Liem ini bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan ulang.

Wassalamu'alaikum Wrwb,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar